banner image

bedanya siswa indonesia - jepang

Ini dia yang dimiliki mahasiswa jepang tapi tidak kita miliki..
Kalau ada yang bilang mahasiswa indonesia itu lebih cerdas daripada mahasiswa jepang itu memang bukan omong kosong,kalau ada juga yang bilang mahasiswa indonesia itu lebih bodoh,itu juga bukan omong kosoong..:D”

Penilaian ini secara umum,untuk kategori rata2 menengah keatas dan mungkin hanya bersifat subjektif,tapi sangat lebih dari cukup untuk dijadikan gambaran..

Keunggulan mahasiswa Indonesia

Jangan berkecil hati,mahasiswa indonesia di Jepang juga tidak kalah. Sebagai prestasi,pada tahun pertama mahasiswa indonesia terpilih menjadi peringkat pertama dan kedua di jurusan Environmental science and technology.Setelah itu tetap bersaing dijajaran atas nilai administratif.Begitu juga di jurusan2 yg lain,mahasiswa indonesia mampu meraih nilai yg memuaskan.

Di tahun terakhir,saya terpilih menjadi presentator terbaik dalam sidang tugas akhir mengalahkan mahasiswa2 jepang.

Keunggulan mahasiswa jepang

Mereka menguasai bidang secara khusus.Misalnya seorang mahasiswa tertarik di bidang fisika maka dia terpusat hanya pada fisika,khususnya penelitian yg ingin dipelajarinya.Mereka tidak tertarik pada bidang2 yg sama sekali tidak ada hubungannya dengan fisika.

Mereka terbiasa menguatkan pondasi.

Dasar-dasar ilmu diutamakan sebelum beranjak ke tahap penerapan.

Mereka memiliki pola pikir “kaizen” yg bagus.Kaizen itu bisa disebut sebagai evaluasi,perbaikan.Khususnya dalam penelitian.Terus dituntut untuk menghasilkan yg lebih dan lebih baik lagi.

Kesimpulan

Kita coba simpulkan lagi apa yang dimiliki mahasiswa jepang tapi mahasiswa Indonesia tidak memilikinya.

1.Fokus dan konsentrasi yg bagus

Mahasiswa jepang dengan level menengah keatas mempunyai kemampuan fokus dan konsentrasi yg bagus.Mereka tidak rakus ingin bisa semua bidang,tapi mereka fokus untuk menguasai satu bidang secara maksimal,dari A sampai Z,dari Alif sampai Ya.

2.Nintairyoku(kesabaran)

Mereka mampu 12 jam lebih di Lab mengerjakan penelitian dengan efisiensi yg tetap bagus.Kegagalan tidak membuat mereka jatuh berlama2,tapi mereka segera mengulanginya hingga berhasil.

3.Teratur dan Ontime

Mereka terbiasa memanage waktu dengan baik,scheduling yg bagus dan konsistensi yg bagus pula dalam menaatinya.

4.Kerjakeras

Yang ini bahkan sudah jadi kebiasaan semua lapisan masyarakat jepang.Kerja keras mereka masih sangat jauh di atas kita,masy.Indonesia.

5.Punya tujuan

Yang ini dimiliki hampir semua mahasiswa jepang.Bagi mereka yg tujuannya jadi seorang peneliti maka kesehariannya selalu diisi dengan belajar dan belajar.Bagi mereka yg ingin menjadi pemain bola,sudah pasti dia akan terus mengolah skill bolanya secara maksimal,walaupun nilai belajarnya hanya pas-pas an.

6.Mereka nggak ribut soal politik

Walaupun politik dan ekonomi jepang saat ini sedang ketar ketir,mahasiswa jepang hampir tidak pernah meributkannya.Beda jauh dengan mahasiswa indonesia dimanapun berada.

Well,sekian dulu..mudah-mudahan bisa menjadi masukan yg berarti.
bedanya siswa indonesia - jepang bedanya siswa indonesia - jepang Reviewed by ADMIN AIO on 06.26 Rating: 5

3 komentar:

banner image
Diberdayakan oleh Blogger.